Belajar Redis : Part2

setelah berhasil melakukan installasi pada redis maka selanjutnya kita akan belajar menggunakan redis. untuk belajar mennggunakan redis bagi pemula bisa mengikuti praktik praktik berikut 
1. menjalankan server redis


Yang pertama di lakukan adalah menjalan server dari redisnya sendiri untuk menjalakan servernya maka di ketikan redis –server, di atas merupakan tampilan ketika menjalankan servermya.

menjalankan perintah dengan redis



untuk menjalankan redis bisa di mulai dari masuk ke cli nya redis dengan mengetikan perintah redis-cli maka lalu selanjutnya tes ping jika ada balasan maka sudah berhasil masuk ke redis

menjalankan perintah berikut


Menggunakan redis string

Menggunakan redis hashes

Menggunakan redis list

Menggunakan rides sets


Menggunakan redis sorted sets

Menggunakan redis hyperloglog




TUGAS

1. Jelaskan macam-macam tipe data yand digunakan redis antara lain String, Hashes, Lists, Sets, Sorted Sets dan HyperLogLog!

  • String

String merupakan tipe data yang paling sering di pakai. Pada redis penggunaan string di batasi dengan ukuran 512 megabytes. erdapat 2 perintah untuk menyimpan dan memanggil string yaitu dengan SET dan GET. Pada parameter pertama setelah

perinta SET/GET merupakan KEY dan parameter kedua merupakan VALUE.

  • Hashes

Dengan menggunakan tipe data hashes, kita bisa menyimpan beberapa isi

pasangan FIELD dalam satu KEY. Pada tipe data ini, kita bisa menyimpan maksimal 232 – 1 pasang data. untuk menyimpan HASHES saya menggunakan perintah HMSET.

  • Lists

Tipe data Lists, modelnya hampir mirip sama tipe data String. Tetapi Lists memiliki kelebihan lain yaitu dapat menyimpan beberapa VALUE pada satu KEY. Kita bisa menambahkan VALUE pada depan atau belakang data.

  •  Sets

Tipe data ini memiliki struktur seperti LISTS, bedanya adalah SETS tidak memiliki urutan. Perbedaan yang lain adalah, pada SETS ketika suatu VALUE sudah exist/ ada pada KEY yang sama, maka VALUE itu tidak akan di input kembali ke dalam SETS. Untuk menambahkan value, kita bisa menggunakan perintah SADD, untuk melihat VALUE nya kita bisa menggunakan perintah SMEMBERS.

  • Sorted Sets

Pada tipe data Sorted Sets, karakternya mirip seperti SETS. Tetapi kita bisa mengurutkan VALUE pada KEY yang sama.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Basisdata Relasional VS Basisdata Non Relasional

Tutorial : Install MongoDB Pada OS Windows